Blogger news

Minggu, 07 Juli 2013

Menkominfo Himbau Masyarakat NAD Tidak Sering Telepon


Jakarta, Kominfo - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Tifatul Sembiring melalui akun Twitter pribadinya @tiffsembiring menghimbau masayarakat Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) dan sekitarnya yang terkena bencana gempa untuk tidak sering-sering melakukan panggilan telepon.


Pasalnya, trafik komunikasi di daerah NAD sangat padat karena banyak keluarga korban yang sedang mencari sanak saudaranya atau keperluan lain.

Trafik komunikasi ke wilayah tersebut sangat padat. Dihimbau kepada pengguna telepon, cukup bicara seperlunya. Agar yang lain juga mendapat akses, kicau Tifatul di akun @tifsembiring.

Ditegaskan Tifatul, kondisi jaringan BTS di NAD saat ini masih beroperasi secara normal. “Update info telekomunikasi terkait kejadian gempa di Kabupaten Aceh Tengah dan Kabupaten Bener Meriah, semua jaringan/BTS Telkomsel tetapberoperasi,” tegasnya.

Namun, menurutnya, disayangkan jaringan fiber optik yang ditanam di dalam tanah ada yang rusak dikarenakan adanya galian di daerah tertentu. “ Ada jaringan fiber optic Telkomsel di Takengon rusak karena galian, Insya Allah segera bisa diatasi,” ujarnya.

Gempa Aceh kali berkeluatan 6,2 Skala Richter (SR) terjadi selama 15 detik pada Selasa (2/7). Pusat gempa berada di 35 km Barat Daya Kabupaten Bener Meriah atau 43 km Tenggara Kabupaten Bireuen, atau 50 km Barat Laut Kabupaten Aceh Tengah, atau 181 km Tenggara Banda Aceh. Sumber kedalaman gempa 10 km. Gempa tidak menimbulkan potensi tsunami.

Sementara itu, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Syamsul Maarif, meninjau langsung para korban bencana dan situasi pasca gempa di lapangan pada Kamis malam (4/7) hingga Jumat (5/7) pukul 02.30 WIB dini hari tadi.

Pada saat peninjauan tersebut, Kepala BNPB menyampaikan ucapan rasa keprihatinan mendalam dari Presiden RI kepada masyarakat Aceh di Kabupaten Bener Meriah dan Aceh Tengah yang tertimpa bencana gempa bumi.

Kepala BNPB diperintah langsung oleh Presiden RI melihat langsung lokasi dan bertemu dengan korban gempa dan masyarakat setempat, kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, Jumat (5/7).

Menurut Sutopo, Kepala BNPB, Syamsul Maarif melihat kondisi bangunan yang rusak di beberapa titik di Kecamatan Ketol, Kabupaten Aceh Tengah. (Az)



0 komentar:

Posting Komentar